CONTOH PROPOSAL PENELITIAN



TUGAS :

PROPOSAL PENELITIAN
BAHASA INDONESIA

RENDAHNYA  PEMAHAMAN SISWA KELAS X IPA 3 TERHADAP PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KESEHATAN PEMAKAI”

 
OLEH :
·         AHMAD MULKHAN R
·         SEPTIAN DWI CAHYO
·         HASNAENI
·         MUTMAINNAH HAMZAH
·         NURAMALIAH
·         SULISTIAWATI HARUNA
·         YULIANA ARWIN

SMA NEGERI 1 SIDRAP
TAHUN PELAJARAN 2017-2018








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………      
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang……………………………………………………………     `1
1.2  Identifikasi Masalah………………………………………………………      2
1.3  Batasan Masalah………………………………………………………….      2
1.4  Rumusan Masalah………………………………………………………..       2
1.5  Tujuan Penelitian…………………………………………………………      2
1.6  Manfaat Penelitian……………………………………………………….       3
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Landasan Teori………………………………………………………….        4
2.2  Hipotesis………………………………………………………………..         17
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Rancangan Penelitian……………………………………………………       18
3.2 Metode Penelitian………………………………………………………        18
3.3 Instrumen Penelitian……………………………………………………        19
3.4 Teknik Analisis Data……………………………………………………       19
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Teknik Analisis Data…………………………………………………....        20
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan………………………………………………………………       32
5.2 Saran…………………………………………………………………….        32
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………         33












BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Gadget kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat modern, mulai dari laptop, tablet, ponsel atau ponsel pintar. Semua perangkat teknologi canggih tersebut tak sekedar menjadi alat komunikasi dan hiburan, tetapi juga untuk mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan. Karenanya tak mengherankan bila banyak orang asyik menggunakan gadget hingga lupa waktu.
Perkembangan teknologi sekarang ini sangat pesat. Banyak teknologi canggih yang telah diciptakan, seperti gadget. Kemajuan teknologi membuat perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia di berbagai bidang dan memberikan dampak yang begitu besar pada nilai-nilai kebudayaan. Sekarang ini setiap orang diseluruh dunia pasti sudah memiliki gadget. Tak jarang kalau sekarang ini banyak orang yang memiliki lebih dari satu gadget. Ini mungkin di sebabkan oleh beberapa faktor.
Penggunaan gadget tidak hanya berasal dari kalangan pekerja, tetapi sekarang ini hampir semua kalangan menggunakan gadget dalam kegiatan yang mereka lakukan seriap harinya. Hampir setia orang yang menggunakan gadget menghabiskan waktu mereka dalam sehari untuk menggunakan gadget mereka.
Kecenderungan masyarakat yang hidup bergantung dengan gadget yang dimiliki inilah, yang membuat hal ini menarik untuk diteliti dan karena peminat gadget yang sangat banyak. Padahal beberapa tahun yang lalu gadget hanya di pakai oleh para pembisnis dari kalangan menegah ke atas. Setiap hal di dunia ini apabilah dinggunakan secara baik akan menimbulkan hal yang baik, sebaliknya jika dingunakan secara berlebihan akan menimbulkan beberapa dampak terhadap kesehatan pemakai.
1.2  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, indentifikasi masalahnya meliputi dampak yang di timbulkan pada diri pemakai yang mengoperasikan gadget.
1.3  Batasan Masalah
Karena pembahasan dari pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan pemakai amat luas, maka kami membatasi permasalahan yang akan dibahas pada makalah ini :
1.    Pembahasan mengenai pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan pemakai.
2.    Beberapa dampak negatif pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan pemakai.
1.4  Rumusan Masalah
1.    Apa faktor yang menyebabkan banyak orang yang menggunakan gadget ?
2.    Apa dampak positif penggunaan gadget ?
3.    Apa dampak negatif penggunan gadget ?
4.    Bagaimana penggunaan gadget yang baik, benar dan bijak ?



1.5  Tujuan Penelitian
1.      Pembaca dapat menggunakan gadget dengan bijak.
2.      Pembaca dapat mengurangi ketergantungan terhadap gadget.
3.      Untuk memberikan informasi mengenai dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan.
4.      Untuk memberikan informasi mengenai gadget.
1.6  Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini, adalah mengetahi  dampak yang di timbulkan akibat penggunaan gadget dalam bidang kesehatan, lalu diharapkan juga agar masyarakat dapat mengurangi ketergantungannya terhadap gadget.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Landasan Teori
Laju perkembangan teknologi yang sangat cepat memang tidak bisa dihindari, seperti sebuah siklus. Semakin pintarnya manusia saat inilah yang juga membuat ilmu pengetahuan semakin berkembang. Begitu juga dengan perangkat-perangkat teknologi, yaitu gadget. Gadget yang paling banyak digunakan saat ini adalah smartphone yang ukurannya kecil, sehingga mudah dibawah kemana-mana. Sekarang ini, gadget dapat dimiliki oleh banyak orang, padahal dulun gadget hanya dapat dimiliki oleh orang-orang kalangan atas. Hal ini terjadi karena banyak perusahaan yang berlomba menciptakan gadget dengan harga semurah mungkin (low price). Oleh karena itu, tak heran jika tak sulit untuk menemukan orang-orang yang menggunakan gadget yang canggih.
Tak dapat dipungkiri, evolusi gadget yang berkembang disekitar anda dalam beberapa tahun terakhir memang membuat hidup menjadi serba praktis dan muda. Sehingga tak heran, sekarang ini gadget sudah jadi kebutuhan utama bagi setiap manusia. Tidak sedikit orang yang merasa sangat bergantung terhadap gadget dan sama sekali tidak dapat dijauhkan dari teknologi satu ini.
            Namun tahukah anda, akibat dari terlalu sering atau kerajinangan dengan teknologi satu kecanggihannya. Jika anda adalah salah satu penggila gadget dan sangat bergantung serta tidak dapat lepas dari gadget, maka sebaiknya waspadai beberapa penyakit yang mungkin tengah mengintai anda.
2.1.1        Pengertian Gadget
            Secara estimologi, gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Tetapi dari penjelasan diatas akan membuat kita lebih bertanya, “Apa perbedaan gadget dengan perangkat elektronik lainnya?”. Yang paling mencolok dari perbedaan tersebut adalah unsur pembaharuan”. Simplenya gadget adalah alat elektronik yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis.
            Kita ambil contoh telepon rumah dan komputer. Komputer dan telepon rumah masuk dalam kategori perangkat elektronik. Bandingkan dengan laptop dan handphone. Kedua elektronik ini lebih compact dan portable.
2.1.2        Beberapa Penyakit yang Disebabkan oleh Penggunaan Gadget Beserta Solusinya
            Bagi kebanyakan orang, ponsel, laptop, mp3 player, atau komputer tablet kini bukan lagi kebutuhan sekunder. Gadget-gadget tersebut nampaknya menjadi barang yang wajib dimiliki untuk menunjang aktivitas sehari-hari.
             Namun, tanpa disadari penggunaan gadget tersebut bisa menggnggu kesehatan penggunanya. Agar lebih berhati-hati dalam menggunakan gadget kesayangan, ada baiknya mengetahui risiko kesehatan yang diakibatkan dari pemakaian gadget tersebut secara berlebihan beserta solusi yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa macam penyakit yang disebabkan oleh penggunaan gadget yang tidak bijak:
1. Merusak Mata
Jika mata terasa perih setelah menatap layar ponsel, bukan hal yang mengejutkan bahwa fokus pada sebuah benda kecil dalam waktu lama bisa menyebabkan mata kering dan mengakibatkan peradangan dan infeksi. Lebih parahnya lagi, ponsel bisa mempengaruhi penglihatan anak-anak dalam jangka panjang.
            Konsultasi ahli bedah dan penyakit mata di Luton & Dunstable University Hospital, Allon Barsam mengatakan anak-anak yang menatap layar ponsel sepanjang hari bisa rabung saat mereka dewasa. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa pengguna smartphone beresiko lebih cepat menggunakan kacamata. Menurut Barsam, presbiopi atau ketidakmampuan melihat objek dalam jarak dekat bisa terjadi di akhir usia 40an. Oleh karena itu mereka membutuhkan alat bantuan kacamata.
            “Orang tidak bisa membaca koran tapi jarak mata ke ponsel yaitu sekitar 10 inci, cenderung lebih dekat dibanding jarak mata ke kertas, sehingga mereka lebih cepat memakai kacamata,” jelas Barsam. Jadi, ia berharap mata bisa fokus pada tiga jarak bebrbeda yaitu jarak jauh, jarak baca, dan jarak pada smartphone.
            Solusi:Perbesar ukuran teks pada ponsel Anda dan buat tampilan layar tidak terlalu terang. Cobalah menggunakan ponsel dalam ruangan yang cahayanya cukup dan tidak menggunakannya lebih dari 15 menit dalam satu waktu. Psikolog Dr Aric Sigman menyarankan untuk tidak membiarkan anak-anak berusia 3 sampai 7 tahun untuk tidak bermain game di layar ponsel lebih dari setengah jam sehari.
2. Menggangu Struktur Tulang
            Seorang fisioterapi, Kirsten lord mengatakan smartphone bisa mengubah postur tubuh. Ia melihat banyak orang mengalami nyeri di leher atau bahu akibat posisi kepala yang terlalu menjorok ke depan saat membaca sesuatu di ponsel atau tablet.
            “Posisi ini meremukkan bagian atas tulang belakang dan menekan saraf yang terhubung di kepala Anda. Akibatnya Anda bisa merasakan kaku, kelelahan, atau sakit kepala,” kata Lord.
Solusi: Lakukan beberapa latihan untuk memperbaiki postur tubuh dan memperpanjang otot leher misalnya menggunakan tali yang diletakkan di bagian tengah kepala, lalu tariklah tali tersebut seperti orang berlatih sit up.
3. Mengendurkan Rahang
            Pengguna telepon yang berlebihan bisa mengubah bentuk rahang Anda.” Saya melihat peningkatan jumlah wanita usia 30-an yang mengalami pengenduran di bagian bawah wajah mereka,” kata dokter kulit kosmetik, Dr Sam Buting.
            Menurut Sam, semakin bertambahnya usia, elastisitas kuli juga berkurang dan menekuk leher ke depan selama berjam-jam untuk melihat ponsel atau tablet memungkinkan lebih banyak tarikan ke bawah pada kulit wajah.
            Solusi: coba pegang ponsel atau tablet tepat di hadapan Anda. Bukan di bawah permukaan dada sehingga posisi Anda tak terus menerus melihat ke bwah.
4. Timbulkan Jerawat dan Biang Keringat
            Mengingat layar ponsel yang panas saat melakukan panggilan, tidak mengherankan para ahli khawatir para pengguna ponsel yang sring melakukan panggilan terutama dalam waktu lama, beresiko lebih tinggi mempunyai jerawat dan biang keringat.
            Sebuah survei majalh melakukan tes pada 30 ponsel dan  ditemukan bahwa rata-rata handset mengandung kuman 18 kali lebih berbahaya dari penyiram kloset di WC pria.
            Solusi: Jika Anda rentan terhadap alergi kulit, lebih baik gunakan kit hands-free atau bersihkan layar telepon menggunakan larutan garam secara perlahan.
5. Merusak pendengaran
            Mendengarkan musik terlalu keras melalui headphone bisa menyebabkan kebisingan dan itu menggunakan pendengaran Anda. Sehingga Anda sulit mendengar pembicaraan orang lain terutama saat terdapat latar belakang suara yang membuat Anda bising,” kata Karen Finch dari Hearing Care Centre di Ipswich.
            Solusi: Selalu jaga tingkat volume suara serendah mungkin dan janganterlalu lama menggunakan heandphone.

6. Menghambat Tidur
            Komputer, laptop, tablet, dan ponsel cenderung mengeluarkan hormon alami seperti melatonin yang membantu seseorang untuk tertidur.
            Solusi : penelitian di Mayo Clinic, Arizona, menunjukkan peredupan pada pengaturan brightness ponsel Anda dan menjaga jarak ponsel dari wajah sekitar 14 incibisa mengurangi potensi terhambatnya proses tidur. Jika butuh alarm lrbih baik gunakan jam meja dan letakkan ponsel Anda di luar kamar saat malam hari.
7. Merusak Hubungan
            Telepon mungkin saja bisa memudahkan komunikasi Anda dengan pasangan, tapi sebuah studi menunjukkan sebaliknya, “Teknologi bisa membuat kita sulit mengelola batas-batas dalam kehidupan kita,” kata Dr Emma Short, psikolog di University of Bedfordshire.
            “Saat berbicara melalui telepon, kita tidak memberi perhatian secara penuh pada lawan bicara. Penelitian juga menunjukkan semakin kita terlibat dalam jejaring sosial seperti Facebook da  Twitter, itu akan membuat keluarga, teman, rekan kerja, atau kekasih kita dicampakkan,” jelas Emma.
            Solusi : Buatlah aturan tegas untuk tidak menggunakan telepon saat sedang berkumpul bersama teman, kelurga, rekan kerja, atau kekasih Anda.


8. Stress
            Gadget (terutama smartphone) adalah alat komunikasi yang berkembang pesat, setiap hari rata-rata pengguna smartphone menghabiskan waktunya selama 140 menit setiap hari untuk berinteraksi dengan smartphone. Sedangkan untuk laptop digunakan antara 4-6 jam perharinya, jika di hitung, maka hampir 30% waktu telah habis digunakan untuk berinteraksi dengan gadget, stres dipicu dari interaksi tersebut dan disaat ada panggilan masuk atau kegiatan lain yang tidak bisa dihindari.
            Untuk mencegahnya, bisa menggunakan cara mengatur waktu penggunaan, menggunkan smartphone selama 30 menit berturut-turut akan semakin memicu peningkatan stres pada seseorang. Sebaiknya gunakan gadget Anda, terutama smartphone, dan ketika Anda berinteraksi dengan smartphone, usahakan tidak lebih dari 10 menit di setiap sesinya untuk menghindari stres yang mungkin muncul.
9. Obesitas atau Kegemukan
            Menggunakan gadget dalam waktuyang cukup lama secara berturut-turut bisanya menimbulkan kebosanan, dan kebanyakan cara yang digunakan utnuk mengusir kebosanan tersebut adalah dengan camilan. Wajar saja jika peningkatan berat badan terjadi karena kegiatan ini.
            Untuk mencegahnya, luangkan waktu untuk tidak berinteraksi dengan gadget Anda selama 10-15 meit sekali jika Anda benar-benar harus bekerja dalam waktu yang cukup lama bersama gadget Anda.
10. Agresif
            Gadget bisa berpotensi meningkatkan agresifitas seseorang, apabila peningkatan tersebut berlebihan, akan berdampak kurang baik bagi perilaku penggunanya. Dampak dari peningkatan tersebut adalah biasanya ditandai dengan semakin lama waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan gadget dan meningkatnya rasa penasaran tentang hal-hal yang berhubungan dengan gadget yang digunakan.
            Untuk menghindari hal tersebut terjadi, sebaiknya luangkan waktu Anda coba atur ulang waktu Anda, agar berinteraksi dengan gadget lebih bermanfaat tanpa mengurangi pemenuhan kebutuhan primer Anda terhadap fungsi gadget.
11.Gangguan Reproduksi
            Gadget biasanya memancarkan radiasi elektromagnetik yang berbahay bagi tubuh manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan menurunnya tingkat radiasi yang dipancarkan, gadget tetao saja memancarkan radiasiyang dapat menurunkan kualitas sperma bagi laki-laki dan gangguang kehamilan dan janin bagi wanita pengguna gadget secara berlebihan.
            Untuk menghindari bahay gadget yang mungkin muncul, usahakan berlaku bijak terhadap penggunaan gadget Anda, sesuatu yang berlebihan pasti punya efek samping.


2.1.3        Dampak Positif penggunaan gadget
1.      Menambah ilmu pengetahuan
            Gadget kini menjadi media yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi dimana pun dan kapan pun sehingga menambah wawasan dan pengetahuan. Bahkan, kini anak-anak sudah taka sing dengan barang ini. Merekan bisa mengakses internet untuk hiburan, manapun sebagai sarana untuk mengerjakan tugas sekolah mereka.
2.      Mempermudah komunikasi
            Ini adalah fungsi utama gadget, yakni membuat seseorang seolah-olah betemu meskipun  berbeda  tempat.  Melalui fitur Video Call  dari berbagai aplikasi  yang ada saat ini, kita bisa tersambung dengan keluarga dan teman.
3.      Memperluas jaringan pertemanan
            Munculnya berbagai situs media sosial  seperti line, instagram, path, skype memungkinkan kita  untuk menambah banyak teman, bahkan  dari berbagai belahan dunia sekalipun.
2.2  Hipotesis
            Banyak dari kita, yang sekarang ini menggunakan gadget. Ini mungkin disebabkan oleh pengaruh globalisasi. Banyak hal yang ditimbulkan baik positif ataupun negatif. Itu semua tergantung pada bagaimana cara kita menggunakannya. Penggunaan gadget memang sangat dibutuhkan, karena memang banyak fungsinya tetapi kita tetap harus mengetahui batas dalam penggunaannya.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Rancangan Penelitian
            Populasi yang diambil dalam peneletian ini adalah beberapa masyarakat yang aktif dalam menggunakan gadget (Handphone, Laptop, Earphone dan Joystick) dari kelas X IPA 3
3.1.1 Sample
            Sample penelitian ini adalah sebagian dari siswa yang aktif dalam menggunakan gadget dari berbagai macam umur.
3.1.2 Tempat
SMA NEGERI 1 SIDRAP
Alamat Jln Kartini No 01, Rappang.
3.1.3 Waktu
Penelitian dilakukan pada Februari 2018.
3.2 Metode Penelitian
            Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskribtif. Metode merupakan salah satu jenis metode penelitian. Metode penelitian deskriptif bertujuan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada, mengidentifikasi masalah atau memeriksa kondisi dan praktek-praktek yang berlaku, membuat perbandingan atau evalusi  dan menentukan apa yang dilakukan orang lain dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan pada wajtu yang akan datang.
            Dengan demikian metode penelitian deskriptif ini digunakan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang secara aktual dan cermat. Metode deskriptif bukan saja menjabarkan (analitis), akan tetapi juga memadukan. Bukan saja melakukan klasifikasi, tetapi juga organisasi. Metode penelitian deskriptif pada hakikatnya adalah mencari teori, bukan menguji teori. Metode ini menitikberatkan pada observasi dan suasana alamiah.
3.3 Instrumen Penelitian
·         Lembaran Quisioner.
·         Wawancara Secara Lisan.

3.4 Teknik Analisis Data
            Teknik pengumpulan data kualitatif yaitu dapat diperoleh dari kuesioner, wawancara. Proses ini berlangsung terus-menerus selama penelitian berlangsung, bahkan sebelum data benar-benar terkumpul agar peneliti mendapatkan makna hubungan variabel-variabel sehingga dapat digunakan untukmenjawab masalah yang dirumuskan dalam penelitian.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1  Teknik Analisis Data
      Dalam penelitian ini penulis menggunakan 10 pertanyaan yang sering digunakan orang banyak untuk membuktikan apakah masalah yang sering di alami oleh pengguna gadget. Pernyataan ini  diberikan untuk 10 orang partisipan. Dan hasilnya dapat dilihat dari tabel di bawah ini.

No

Pertanyaan
Tanggapan

keterangan
SS
S
KS
TS
1
Apakah Anda setuju pemakaian gadget lebih dari 8 jam sehari dikatakan tidak wajar?





2
Apakah Anda setuju setiap pemakaian gadget 2 jam sekali Anda harus beristirahat selama 30 menit?





3
Apakah Anda setuju jika bekerja selama 12 jam non-stop di depan gadget yang berlebihan?





4
Apakah Anda setuju jika tidur anda berkurang karena menggunakan gadget yang berlebihan?





5
Apakah Anda setuju menggunakan gadget tanpa pengetahuan yang benar akan menimbulkan masalah kesehatan bagib pemakai?





6
Apakah Anda setujuh jika menggunakan gadget tanpa aturan dapat merusak beberapa indra kita?





7
Apakah Anda setuju radiasi pada gadget yang sering kita gunakan sangat berpengaruh pada kesehatan pemakai?





8
Apakah Anda setuju dari artikel yang dibuat penulis ini bermanfaat untuk pengetahuan kesehatan pemakai?





9
Apakah Anda setujuh dari artikel yang dibuat penulis dan dapat diterima serta dipahami dengan baik?





10
Apakah masih banyak kekurangan informasi pada artikel ini tentang bahaya penggunaan gadget untuk kesehtan pemakai?






Keterangan :
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
KS = Kurang Setuju
TS = Tidak Setuju
            Dari hasil penelitian yang di lakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa respon dari keseluruhan partisipasi menginginkan arahan dan informasi yang baik dalam menggunakan gadget. Karena penggunaan gadget yang tak pernah lepas dari kegiatan sehari-hari, pemakaian harus lebih hati-hati dalam menggunakannya agar tidak merungikan kesehatan pemakai, baik intu penggunaan sebentar maupun pemakaian jangka panjang.



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan analisa yang telah dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget tanpa aturan sangat berbahaya untuk kesehatan pemakai gadget tersebut. Sebagai pemakai gadget, kita harus lebih pandai lagi dalam mencari informasi mengenai sebab dan akibat pemakaian gadget yang berpengaruh terhadap kesehatan pemakainya. Karena kesehatan sangat mahal harganya apabila kita tidak mengetahui penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan oleh pengunaan gadget yang tak beraturan.semua itu kembali lagi kepada pemakai, penulis telah berusaha menyampaikan informasi yang baik dalam makalah ini. Semogah ini dapat dipahami oleh semua pembaca agar lebih berhati-hati dalam menggunakan gadget.
5.2 Saran
Sebagai pemakai gadget yang bijak kita harus perhatikan diri sendiri dalam menggunakan gadget. Karena jika sudah terjadi masalah pada kesehatan, diri sendiri yang akan merugi. Semoga komunitas-komunitas akan di lakukan sosialisasi mengenai Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan pemakai, agar lebih terbuka pikirab pemakai gadget akan kepeduliannya terhadap kesehatan sendiri.


DAFTAR PUSTAKA
http://.detik.com/read/2013/07/22/195617/2310738/763/7-risiko- kesehatan-yang-mengintai-akibat-pemakaian-gadget-tanpa-kontrol

hhtp://mebiso.com/bahaya-gadget-pada-tubuh-manusia-dan-cara-pencegahannya/
                       
http://www.tekno-pedia.com/gadget-dan-pengertiannya/

http://www.pengertianpakar.com/2015/06/pengertian-metode-penelitian-jenis-dan.html

http://www.pengertianpakar.com/2015/05/teknik-pengumpulan-dan-analisis-data.html#_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PKN : Undang Undang Negara Republik Indonesia 1945 || kelas XI. MIA 1 || MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDENRENG RAPPANG

Naskah Drama singkat