CONTOH PROPOSAL PENELITIAN
TUGAS :
PROPOSAL PENELITIAN
BAHASA INDONESIA
“RENDAHNYA PEMAHAMAN SISWA
KELAS X IPA 3 TERHADAP PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KESEHATAN PEMAKAI”
OLEH :
·
AHMAD MULKHAN R
·
SEPTIAN DWI CAHYO
·
HASNAENI
·
MUTMAINNAH HAMZAH
·
NURAMALIAH
·
SULISTIAWATI HARUNA
·
YULIANA ARWIN
SMA NEGERI 1 SIDRAP
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang…………………………………………………………… `1
1.2
Identifikasi
Masalah……………………………………………………… 2
1.3
Batasan
Masalah…………………………………………………………. 2
1.4
Rumusan
Masalah……………………………………………………….. 2
1.5
Tujuan
Penelitian………………………………………………………… 2
1.6
Manfaat
Penelitian………………………………………………………. 3
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Landasan
Teori…………………………………………………………. 4
2.2 Hipotesis……………………………………………………………….. 17
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Rancangan Penelitian…………………………………………………… 18
3.2 Metode Penelitian……………………………………………………… 18
3.3 Instrumen Penelitian…………………………………………………… 19
3.4 Teknik Analisis Data…………………………………………………… 19
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Teknik Analisis Data………………………………………………….... 20
BAB
V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1
Kesimpulan……………………………………………………………… 32
5.2
Saran…………………………………………………………………….
32
DAFTAR
PUSTAKA……………………………………………………… 33
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Gadget kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat modern, mulai
dari laptop, tablet, ponsel atau ponsel pintar. Semua perangkat teknologi
canggih tersebut tak sekedar menjadi alat komunikasi dan hiburan, tetapi juga
untuk mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan. Karenanya tak mengherankan
bila banyak orang asyik menggunakan gadget hingga lupa waktu.
Perkembangan teknologi sekarang ini sangat pesat. Banyak teknologi
canggih yang telah diciptakan, seperti gadget. Kemajuan teknologi membuat
perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia di berbagai bidang dan
memberikan dampak yang begitu besar pada nilai-nilai kebudayaan. Sekarang ini
setiap orang diseluruh dunia pasti sudah memiliki gadget. Tak jarang kalau
sekarang ini banyak orang yang memiliki lebih dari satu gadget. Ini mungkin di
sebabkan oleh beberapa faktor.
Penggunaan gadget tidak hanya berasal dari kalangan pekerja, tetapi
sekarang ini hampir semua kalangan menggunakan gadget dalam kegiatan yang mereka
lakukan seriap harinya. Hampir setia orang yang menggunakan gadget menghabiskan
waktu mereka dalam sehari untuk menggunakan gadget mereka.
Kecenderungan masyarakat yang hidup bergantung dengan gadget yang
dimiliki inilah, yang
membuat hal ini menarik untuk diteliti dan karena peminat gadget yang sangat
banyak. Padahal beberapa tahun yang lalu gadget hanya di pakai oleh para
pembisnis dari kalangan menegah ke atas. Setiap hal di dunia ini apabilah
dinggunakan secara baik akan menimbulkan hal yang baik, sebaliknya jika dingunakan
secara berlebihan akan menimbulkan beberapa dampak terhadap kesehatan pemakai.
1.2
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, indentifikasi
masalahnya meliputi dampak yang di
timbulkan pada diri pemakai yang mengoperasikan gadget.
1.3
Batasan Masalah
Karena pembahasan dari pengaruh penggunaan gadget terhadap
kesehatan pemakai amat luas, maka kami membatasi permasalahan yang akan dibahas
pada makalah ini :
1.
Pembahasan mengenai pengaruh penggunaan gadget terhadap kesehatan
pemakai.
2.
Beberapa dampak negatif pengaruh penggunaan gadget terhadap
kesehatan pemakai.
1.4
Rumusan Masalah
1.
Apa faktor yang menyebabkan banyak orang yang menggunakan gadget ?
2.
Apa dampak positif penggunaan gadget ?
3.
Apa dampak negatif penggunan gadget ?
4.
Bagaimana penggunaan gadget yang baik, benar dan bijak ?
1.5
Tujuan Penelitian
1.
Pembaca dapat menggunakan gadget dengan bijak.
2.
Pembaca dapat mengurangi ketergantungan terhadap gadget.
3.
Untuk memberikan informasi mengenai dampak penggunaan gadget
terhadap kesehatan.
4.
Untuk memberikan informasi mengenai gadget.
1.6
Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini, adalah mengetahi dampak yang di timbulkan akibat penggunaan
gadget dalam bidang kesehatan, lalu diharapkan juga agar masyarakat dapat
mengurangi ketergantungannya terhadap gadget.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Landasan Teori
Laju perkembangan teknologi yang sangat cepat memang tidak bisa
dihindari, seperti sebuah siklus. Semakin pintarnya manusia saat inilah yang
juga membuat ilmu pengetahuan semakin berkembang. Begitu juga dengan
perangkat-perangkat teknologi, yaitu gadget. Gadget yang paling banyak
digunakan saat ini adalah smartphone yang ukurannya kecil, sehingga mudah
dibawah kemana-mana. Sekarang ini, gadget dapat dimiliki oleh banyak orang, padahal
dulun gadget hanya dapat dimiliki oleh orang-orang kalangan atas. Hal ini
terjadi karena banyak perusahaan yang berlomba menciptakan gadget dengan harga
semurah mungkin (low price). Oleh karena itu, tak heran jika tak sulit untuk
menemukan orang-orang yang menggunakan gadget yang canggih.
Tak dapat dipungkiri, evolusi gadget yang berkembang disekitar anda
dalam beberapa tahun terakhir memang membuat hidup menjadi serba praktis dan
muda. Sehingga tak heran, sekarang ini gadget sudah jadi kebutuhan utama bagi
setiap manusia. Tidak sedikit orang yang merasa sangat bergantung terhadap
gadget dan sama sekali tidak dapat dijauhkan dari teknologi satu ini.
Namun tahukah anda, akibat dari
terlalu sering atau kerajinangan dengan teknologi satu kecanggihannya. Jika
anda adalah salah satu penggila gadget dan sangat bergantung serta tidak dapat
lepas dari gadget, maka sebaiknya waspadai beberapa penyakit yang mungkin
tengah mengintai anda.
2.1.1
Pengertian Gadget
Secara estimologi, gadget adalah
sebuah istilah dalam bahasa inggris yang berarti perangkat elektronik kecil
yang memiliki fungsi khusus. Tetapi dari penjelasan diatas akan membuat kita
lebih bertanya, “Apa perbedaan gadget dengan perangkat elektronik lainnya?”.
Yang paling mencolok dari perbedaan tersebut adalah unsur pembaharuan”.
Simplenya gadget adalah alat elektronik yang memiliki pembaharuan dari hari ke
hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis.
Kita ambil contoh telepon rumah dan
komputer. Komputer dan telepon rumah masuk dalam kategori perangkat elektronik.
Bandingkan dengan laptop dan handphone. Kedua elektronik ini lebih compact dan
portable.
2.1.2
Beberapa Penyakit yang Disebabkan oleh Penggunaan Gadget Beserta
Solusinya
Bagi kebanyakan orang, ponsel,
laptop, mp3 player, atau komputer tablet kini bukan lagi kebutuhan sekunder.
Gadget-gadget tersebut nampaknya menjadi barang yang wajib dimiliki untuk
menunjang aktivitas sehari-hari.
Namun, tanpa disadari penggunaan gadget
tersebut bisa menggnggu kesehatan penggunanya. Agar lebih berhati-hati dalam
menggunakan gadget kesayangan, ada baiknya mengetahui risiko kesehatan yang
diakibatkan dari pemakaian gadget tersebut secara berlebihan beserta solusi
yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa macam penyakit yang disebabkan oleh
penggunaan gadget yang tidak bijak:
1. Merusak
Mata
Jika
mata terasa perih setelah menatap layar ponsel, bukan hal yang mengejutkan
bahwa fokus pada sebuah benda kecil dalam waktu lama bisa menyebabkan mata
kering dan mengakibatkan peradangan dan infeksi. Lebih parahnya lagi, ponsel
bisa mempengaruhi penglihatan anak-anak dalam jangka panjang.
Konsultasi ahli bedah dan penyakit
mata di Luton & Dunstable University Hospital, Allon Barsam mengatakan
anak-anak yang menatap layar ponsel sepanjang hari bisa rabung saat mereka
dewasa. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa pengguna smartphone beresiko
lebih cepat menggunakan kacamata. Menurut Barsam, presbiopi atau ketidakmampuan
melihat objek dalam jarak dekat bisa terjadi di akhir usia 40an. Oleh karena
itu mereka membutuhkan alat bantuan kacamata.
“Orang tidak bisa membaca koran tapi
jarak mata ke ponsel yaitu sekitar 10 inci, cenderung lebih dekat dibanding
jarak mata ke kertas, sehingga mereka lebih cepat memakai kacamata,” jelas
Barsam. Jadi, ia berharap mata bisa fokus pada tiga jarak bebrbeda yaitu jarak
jauh, jarak baca, dan jarak pada smartphone.
Solusi:Perbesar ukuran teks pada
ponsel Anda dan buat tampilan layar tidak terlalu terang. Cobalah menggunakan
ponsel dalam ruangan yang cahayanya cukup dan tidak menggunakannya lebih dari
15 menit dalam satu waktu. Psikolog Dr Aric Sigman menyarankan untuk tidak
membiarkan anak-anak berusia 3 sampai 7 tahun untuk tidak bermain game di layar
ponsel lebih dari setengah jam sehari.
2. Menggangu
Struktur Tulang
Seorang fisioterapi, Kirsten lord
mengatakan smartphone bisa mengubah postur tubuh. Ia melihat banyak orang
mengalami nyeri di leher atau bahu akibat posisi kepala yang terlalu menjorok
ke depan saat membaca sesuatu di ponsel atau tablet.
“Posisi ini meremukkan bagian atas
tulang belakang dan menekan saraf yang terhubung di kepala Anda. Akibatnya Anda
bisa merasakan kaku, kelelahan, atau sakit kepala,” kata Lord.
Solusi:
Lakukan beberapa latihan untuk memperbaiki postur tubuh dan memperpanjang otot
leher misalnya menggunakan tali yang diletakkan di bagian tengah kepala, lalu
tariklah tali tersebut seperti orang berlatih sit up.
3. Mengendurkan
Rahang
Pengguna telepon yang berlebihan
bisa mengubah bentuk rahang Anda.” Saya melihat peningkatan jumlah wanita usia
30-an yang mengalami pengenduran di bagian bawah wajah mereka,” kata dokter
kulit kosmetik, Dr Sam Buting.
Menurut Sam, semakin bertambahnya
usia, elastisitas kuli juga berkurang dan menekuk leher ke depan selama
berjam-jam untuk melihat ponsel atau tablet memungkinkan lebih banyak tarikan
ke bawah pada kulit wajah.
Solusi: coba pegang ponsel atau
tablet tepat di hadapan Anda. Bukan di bawah permukaan dada sehingga posisi
Anda tak terus menerus melihat ke bwah.
4. Timbulkan
Jerawat dan Biang Keringat
Mengingat layar ponsel yang panas
saat melakukan panggilan, tidak mengherankan para ahli khawatir para pengguna
ponsel yang sring melakukan panggilan terutama dalam waktu lama, beresiko lebih
tinggi mempunyai jerawat dan biang keringat.
Sebuah survei majalh melakukan tes
pada 30 ponsel dan ditemukan bahwa
rata-rata handset mengandung kuman 18 kali lebih berbahaya dari penyiram kloset
di WC pria.
Solusi: Jika Anda rentan terhadap
alergi kulit, lebih baik gunakan kit hands-free atau bersihkan layar telepon
menggunakan larutan garam secara perlahan.
5. Merusak
pendengaran
Mendengarkan musik terlalu keras
melalui headphone bisa menyebabkan kebisingan dan itu menggunakan pendengaran
Anda. Sehingga Anda sulit mendengar pembicaraan orang lain terutama saat
terdapat latar belakang suara yang membuat Anda bising,” kata Karen Finch dari
Hearing Care Centre di Ipswich.
Solusi: Selalu jaga tingkat volume
suara serendah mungkin dan janganterlalu lama menggunakan heandphone.
6. Menghambat
Tidur
Komputer, laptop, tablet, dan ponsel
cenderung mengeluarkan hormon alami seperti melatonin yang membantu seseorang
untuk tertidur.
Solusi : penelitian di Mayo Clinic,
Arizona, menunjukkan peredupan pada pengaturan brightness ponsel Anda dan
menjaga jarak ponsel dari wajah sekitar 14 incibisa mengurangi potensi terhambatnya
proses tidur. Jika butuh alarm lrbih baik gunakan jam meja dan letakkan ponsel
Anda di luar kamar saat malam hari.
7. Merusak
Hubungan
Telepon mungkin saja bisa memudahkan
komunikasi Anda dengan pasangan, tapi sebuah studi menunjukkan sebaliknya,
“Teknologi bisa membuat kita sulit mengelola batas-batas dalam kehidupan kita,”
kata Dr Emma Short, psikolog di University of Bedfordshire.
“Saat berbicara melalui telepon,
kita tidak memberi perhatian secara penuh pada lawan bicara. Penelitian juga menunjukkan
semakin kita terlibat dalam jejaring sosial seperti Facebook da Twitter, itu akan membuat keluarga, teman,
rekan kerja, atau kekasih kita dicampakkan,” jelas Emma.
Solusi : Buatlah aturan tegas untuk
tidak menggunakan telepon saat sedang berkumpul bersama teman, kelurga, rekan
kerja, atau kekasih Anda.
8. Stress
Gadget (terutama smartphone) adalah
alat komunikasi yang berkembang pesat, setiap hari rata-rata pengguna
smartphone menghabiskan waktunya selama 140 menit setiap hari untuk berinteraksi
dengan smartphone. Sedangkan untuk laptop digunakan antara 4-6 jam perharinya,
jika di hitung, maka hampir 30% waktu telah habis digunakan untuk berinteraksi
dengan gadget, stres dipicu dari interaksi tersebut dan disaat ada panggilan
masuk atau kegiatan lain yang tidak bisa dihindari.
Untuk mencegahnya, bisa menggunakan
cara mengatur waktu penggunaan, menggunkan smartphone selama 30 menit
berturut-turut akan semakin memicu peningkatan stres pada seseorang. Sebaiknya
gunakan gadget Anda, terutama smartphone, dan ketika Anda berinteraksi dengan
smartphone, usahakan tidak lebih dari 10 menit di setiap sesinya untuk
menghindari stres yang mungkin muncul.
9. Obesitas
atau Kegemukan
Menggunakan gadget dalam waktuyang
cukup lama secara berturut-turut bisanya menimbulkan kebosanan, dan kebanyakan
cara yang digunakan utnuk mengusir kebosanan tersebut adalah dengan camilan.
Wajar saja jika peningkatan berat badan terjadi karena kegiatan ini.
Untuk mencegahnya, luangkan waktu
untuk tidak berinteraksi dengan gadget Anda selama 10-15 meit sekali jika Anda
benar-benar harus bekerja dalam waktu yang cukup lama bersama gadget Anda.
10.
Agresif
Gadget bisa berpotensi meningkatkan
agresifitas seseorang, apabila peningkatan tersebut berlebihan, akan berdampak
kurang baik bagi perilaku penggunanya. Dampak dari peningkatan tersebut adalah
biasanya ditandai dengan semakin lama waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi
dengan gadget dan meningkatnya rasa penasaran tentang hal-hal yang berhubungan
dengan gadget yang digunakan.
Untuk menghindari hal tersebut
terjadi, sebaiknya luangkan waktu Anda coba atur ulang waktu Anda, agar
berinteraksi dengan gadget lebih bermanfaat tanpa mengurangi pemenuhan
kebutuhan primer Anda terhadap fungsi gadget.
11.Gangguan
Reproduksi
Gadget biasanya memancarkan radiasi
elektromagnetik yang berbahay bagi tubuh manusia. Seiring dengan berkembangnya
teknologi dan menurunnya tingkat radiasi yang dipancarkan, gadget tetao saja
memancarkan radiasiyang dapat menurunkan kualitas sperma bagi laki-laki dan
gangguang kehamilan dan janin bagi wanita pengguna gadget secara berlebihan.
Untuk menghindari bahay gadget yang
mungkin muncul, usahakan berlaku bijak terhadap penggunaan gadget Anda, sesuatu
yang berlebihan pasti punya efek samping.
2.1.3
Dampak Positif penggunaan gadget
1. Menambah ilmu pengetahuan
Gadget kini menjadi
media yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi dimana pun dan
kapan pun sehingga menambah wawasan dan pengetahuan. Bahkan, kini anak-anak
sudah taka sing dengan barang ini. Merekan bisa mengakses internet untuk
hiburan, manapun sebagai sarana untuk mengerjakan tugas sekolah mereka.
2. Mempermudah komunikasi
Ini adalah fungsi utama
gadget, yakni membuat seseorang seolah-olah betemu meskipun berbeda
tempat. Melalui fitur Video
Call dari berbagai aplikasi yang ada saat ini, kita bisa tersambung
dengan keluarga dan teman.
3. Memperluas jaringan pertemanan
Munculnya berbagai
situs media sosial seperti line,
instagram, path, skype memungkinkan kita
untuk menambah banyak teman, bahkan
dari berbagai belahan dunia sekalipun.
2.2
Hipotesis
Banyak dari kita, yang sekarang ini
menggunakan gadget. Ini mungkin disebabkan oleh pengaruh globalisasi. Banyak
hal yang ditimbulkan baik positif ataupun negatif. Itu semua tergantung pada
bagaimana cara kita menggunakannya. Penggunaan gadget memang sangat dibutuhkan,
karena memang banyak fungsinya tetapi kita tetap harus mengetahui batas dalam
penggunaannya.
BAB III
METODE
PENELITIAN
3.1
Rancangan Penelitian
Populasi yang diambil dalam
peneletian ini adalah beberapa masyarakat yang aktif dalam menggunakan gadget
(Handphone, Laptop, Earphone dan Joystick) dari kelas X IPA 3
3.1.1
Sample
Sample penelitian ini adalah
sebagian dari siswa yang aktif dalam menggunakan gadget dari berbagai macam
umur.
3.1.2
Tempat
SMA
NEGERI 1 SIDRAP
Alamat
Jln Kartini No 01, Rappang.
3.1.3
Waktu
Penelitian
dilakukan pada Februari 2018.
3.2
Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam
penelitian adalah metode deskribtif. Metode merupakan salah satu jenis metode
penelitian. Metode penelitian deskriptif bertujuan untuk mengumpulkan informasi
aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada, mengidentifikasi masalah
atau memeriksa kondisi dan praktek-praktek yang berlaku, membuat perbandingan
atau evalusi dan menentukan apa yang
dilakukan orang lain dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari
pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan pada wajtu yang akan
datang.
Dengan demikian metode penelitian
deskriptif ini digunakan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau
karakteristik populasi tertentu atau bidang secara aktual dan cermat. Metode
deskriptif bukan saja menjabarkan (analitis), akan tetapi juga memadukan. Bukan
saja melakukan klasifikasi, tetapi juga organisasi. Metode penelitian
deskriptif pada hakikatnya adalah mencari teori, bukan menguji teori. Metode
ini menitikberatkan pada observasi dan suasana alamiah.
3.3
Instrumen Penelitian
·
Lembaran Quisioner.
·
Wawancara Secara Lisan.
3.4
Teknik Analisis Data
Teknik pengumpulan data kualitatif
yaitu dapat diperoleh dari kuesioner, wawancara. Proses ini berlangsung
terus-menerus selama penelitian berlangsung, bahkan sebelum data benar-benar
terkumpul agar peneliti mendapatkan makna hubungan variabel-variabel sehingga
dapat digunakan untukmenjawab masalah yang dirumuskan dalam penelitian.
BAB IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1
Teknik Analisis Data
Dalam penelitian ini penulis menggunakan
10 pertanyaan yang sering digunakan orang banyak untuk membuktikan apakah
masalah yang sering di alami oleh pengguna gadget. Pernyataan ini diberikan untuk 10 orang partisipan. Dan
hasilnya dapat dilihat dari tabel di bawah ini.
No
|
Pertanyaan
|
Tanggapan
|
keterangan
|
|||
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
|||
1
|
Apakah Anda setuju pemakaian gadget lebih dari 8 jam sehari
dikatakan tidak wajar?
|
|||||
2
|
Apakah Anda setuju setiap pemakaian gadget 2 jam sekali Anda
harus beristirahat selama 30 menit?
|
|||||
3
|
Apakah
Anda setuju jika bekerja selama 12 jam non-stop di depan gadget yang
berlebihan?
|
|||||
4
|
Apakah Anda setuju jika tidur anda berkurang karena menggunakan
gadget yang berlebihan?
|
|||||
5
|
Apakah
Anda setuju menggunakan gadget tanpa pengetahuan yang benar akan menimbulkan
masalah kesehatan bagib pemakai?
|
|||||
6
|
Apakah Anda setujuh jika menggunakan gadget tanpa aturan dapat
merusak beberapa indra kita?
|
|||||
7
|
Apakah Anda setuju radiasi pada gadget yang sering kita gunakan
sangat berpengaruh pada kesehatan pemakai?
|
|||||
8
|
Apakah Anda setuju dari artikel yang dibuat penulis ini
bermanfaat untuk pengetahuan kesehatan pemakai?
|
|||||
9
|
Apakah Anda setujuh dari artikel yang dibuat penulis dan dapat
diterima serta dipahami dengan baik?
|
|||||
10
|
Apakah masih banyak kekurangan informasi pada artikel ini tentang
bahaya penggunaan gadget untuk kesehtan pemakai?
|
Keterangan
:
SS =
Sangat Setuju
S =
Setuju
KS =
Kurang Setuju
TS =
Tidak Setuju
Dari hasil penelitian yang di
lakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa respon dari keseluruhan
partisipasi menginginkan arahan dan informasi yang baik dalam menggunakan
gadget. Karena penggunaan gadget yang tak pernah lepas dari kegiatan
sehari-hari, pemakaian harus lebih hati-hati dalam menggunakannya agar tidak
merungikan kesehatan pemakai, baik intu penggunaan sebentar maupun pemakaian
jangka panjang.
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
5.1
Kesimpulan
Berdasarkan
analisa yang telah dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget
tanpa aturan sangat berbahaya untuk kesehatan pemakai gadget tersebut. Sebagai
pemakai gadget, kita harus lebih pandai lagi dalam mencari informasi mengenai
sebab dan akibat pemakaian gadget yang berpengaruh terhadap kesehatan
pemakainya. Karena kesehatan sangat mahal harganya apabila kita tidak
mengetahui penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan oleh pengunaan gadget yang
tak beraturan.semua itu kembali lagi kepada pemakai, penulis telah berusaha
menyampaikan informasi yang baik dalam makalah ini. Semogah ini dapat dipahami
oleh semua pembaca agar lebih berhati-hati dalam menggunakan gadget.
5.2
Saran
Sebagai
pemakai gadget yang bijak kita harus perhatikan diri sendiri dalam menggunakan
gadget. Karena jika sudah terjadi masalah pada kesehatan, diri sendiri yang
akan merugi. Semoga komunitas-komunitas akan di lakukan sosialisasi mengenai
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan pemakai, agar lebih terbuka
pikirab pemakai gadget akan kepeduliannya terhadap kesehatan sendiri.
DAFTAR
PUSTAKA
http://.detik.com/read/2013/07/22/195617/2310738/763/7-risiko-
kesehatan-yang-mengintai-akibat-pemakaian-gadget-tanpa-kontrol
hhtp://mebiso.com/bahaya-gadget-pada-tubuh-manusia-dan-cara-pencegahannya/
http://www.tekno-pedia.com/gadget-dan-pengertiannya/
http://www.pengertianpakar.com/2015/06/pengertian-metode-penelitian-jenis-dan.html
http://www.pengertianpakar.com/2015/05/teknik-pengumpulan-dan-analisis-data.html#_
Komentar
Posting Komentar